SELAMAT DATANG

Semoga apa yang di sajikan pada halaman ini dapat bermanfaat bagi kita semua, karena manusia yang paling baik adalah manusia yang memberi manfaat pada sesamanya

26 April 2009

TIPS PENGENALAN BUKU PADA ANAK

Membuat anak-anak agar menggemari buku merupakan hal yang tidak mudah, berbeda ketika anak-anak kita kasih permainan Video Game misalnya, mereka langsung cepat merespon tidak usah kita ajari mereka langsung bisa memainkannya, bahkan dalam jangka waktu 1 hari saja mereka sudah mahir memainkannya. Lalu bagaimana agar kita bisa memberikan rasa antusiasme anak dalam membaca buku tentunya ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda untuk mengajak si kecil menggemari buku.

  1. Jikalau anak anda lebih suka pada video game cobalah ajak dan berikan permainan-permaian yang mengarah kepada pendidikan pengenalan huruf dan angka, misalnya Word Cube, Hangman, Candy Land Dora dan lain sebagainya.
  2. Anak anda adalah pecinta Komik hal ini merupakan sebuah awal yang baik untuk memulai kecintaan anak anda pada buku, biarkan mereka dengan kebiasaan yang ada dan mulailah sedikit demi sedikit mengenalkan buku-buku tentang komik yang mereka suka.
  3. Ajak anak anda pergi ke toko buku, pameran-pameran buku, bajar-bajar buku atau berkunjung ke Perpustakaan hal ini akan menambah wawasan anak anda dalam pengenalan kepada buku, tawarkan beberapa buku kepadanya atau biarkan mereka memilihnya sendiri.
  4. Majalah dan surat kabar, merupakan bacaan yang cocok pula buat si kecil. Ceritakan tentang hal-hal yang baru saja Anda baca tentunya dengan bahasa yang dapat mengarah pada antusiasme, sehingga ia mau terlibat dengan topik Anda. Dan jika anak Anda tertarik membacanya, biarkan ia membacanya. Kuncinya adalah berusaha membuatnya tertarik terlebih dahulu.
  5. Yang terakhir Buat Aturan Kecil. Buat Aturan tentang waktu, dimana pada saat itu merupakan waktu bebas TV maupun Video Games, hal ini untuk mendorong si kecil beraktifitas lain, dan membaca buku alternatif penggantinya.
Demikian beberpa tips agar anak anda dapat menjadi pencipta-pencipta sesuatu yang berguna di masa datang.
Kembali

Anda sedang membaca artikel tentang TIPS PENGENALAN BUKU PADA ANAK dan anda bisa menemukan artikel TIPS PENGENALAN BUKU PADA ANAK ini dengan url http://sundapeople.blogspot.com/2009/04/tips-pengenalan-buku-pada-anak.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel TIPS PENGENALAN BUKU PADA ANAK ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link TIPS PENGENALAN BUKU PADA ANAK sumbernya.

1 komentar:

  1. sebagai anak bangsa melihat anak membaca dari kecil maka mimpi jadi bilyuner masa datang segera terbit.

    BalasHapus

Kritik dan Saran